Profile MEA

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)  adalah kegiatan yang merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

Program TJSL  bertujuan untuk memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, pembangunan lingkungan serta pembangunan hukum dan tata kelola bagi perusahaan, berkontribusi pada penciptaan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya serta akuntabel, membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri serta masyarakat sekitar perusahaan.

Madani Entrepreneur Academy (MEA) merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diselenggarakan oleh PT Permodalan Nasional Madani. MEA merupakan program yang berupaya untuk memunculkan potensi-potensi entrepreneur dan memunculkan bisnis yang berdampak pada sosial dan lingkungan. Dengan sistem kompetisi antar siswa siswi se-Indonesia, MEA memunculkan ide bisnis yang akan dikompetisikan oleh peserta.

MEA memiliki sasaran peserta berupa siswa siswi SMA/K/sederajat se-Indonesia yang dapat berkompetisi dengan membawa produk berupa barang/jasa yang mereka unggulkan. Selain kompetisi, MEA akan membekali para peserta dengan pengetahuan yang berkaitan dengan entrepreneur seperti strategi marketing, pengelolaan keuangan sederhana, branding dan lainnya.

MEA menjadi salah satu program yang bertujuan untuk memunculkan calon-calon entrepreneur muda yang memikirkan dan memberikan dampak sosial dan lingkungan yang baik. Hal tersebut selaras dengan core bisnis dari PT Permodalan Nasional Madani.

Dampak MEA:

  1. Menumbuhkan kepedulian sosial dan lingkungan kepada siswa-siswi SMA/K/sederajat se-Indonesia.
  2. Menciptakan calon-calon entrepreneur muda, melalui mentoring dan pengetahuan yang diajarkan selama kegiatan berlangsung.
  3. Memberikan pengetahuan dan wawasan bagi siswa siswi SMA/K/sederajat se-Indonesia tentang kewirausahaan.
21 Juli 2025
Technical Meeting
25 Juli 2025
Batas Pendaftaran Peserta
28 Juli 2025
Opening Class (Zoom)
28 Juli 2025
Akses eCourse 1: MArketing for UMKM, AI Mastery, Profit Formula, Market Research
31 Juli 2025
Mentoring 1 (Zoom)
31 Juli 2025
Akses eCourse 2: Visibilitas Produk, Social Media Optimization, E-commerce , Content Creating
4 Agustus 2025
Mentoring 2 (Zoom)
4 Agustus 2025
Akses eCourse 3: KOL Marketing, CRM (Customer Relationship Management), Advertising
8 Agustus 2025
Mentoring 3 (Zoom)
8 Agustus 2025
Seleksi tahap 1: Selection Test
12 Agustus 2025
Akses eCourse 4: Video Making and Editing
13 Agustus 2025
Briefing Challenge kepada Peserta (Zoom) + Mentoring Video Making and Editing
13 Agustus 2025
Briefing Challenge kepada Mitra UMKM (Zoom)
13 Agustus 2025
Challenge 1: Riset Market
20 Agustus 2025
Mentoring Challenge 1 (Zoom)
21 Agustus 2025
Challenge 2: Visibilitas Produk & Brand
28 Agustus 2025
Mentoring Challenge 2 (Zoom)
29 Agustus 2025
Challenge 3: Digitalisasi
5 September 2025
Mentoring Challenge 3 (Zoom)
6 September 2025
Challenge 4: Optimasi Penjualan
13 September 2025
Mentoring Challenge 4 (Zoom)
14 September 2025
Finalisasi & Pengumpulan Video Dokumenter + Laporan
15 September 2025
Seleksi Tahap 2: Final Report & Presentasi
19 September 2025
Pengumuman 10 Finalis
29 September 2025
Peserta Tiba di Jakarta
30 September 2025
Bootcamp
1 Oktober 2025
AWARDING
2 Oktober 2025
Fieldtrip
3 Oktober 2025
Peserta Pulang

“Kami merasa MEA bukan cuma wadah untuk ikut-ikutan lomba. MEA sudah seperti sekolah lanjutan kami yang mengajarkan banyak skill bisnis dan sekaligus membuka wawasan bagaimana agar kami menjadi entrepreneur sukses di masa depan”

FANTASTIC TEAM, SMKN 1 PONOROGO | Juara MEA 2023

© 2025 MEA Academy | Zoro Studio

Tutorial Penjurian

Tutorial Penjurian

Porsa Persada

PORSA PERSADA

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Mabadda

MABADDA

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Terra Rangers

TERRA RANGERS

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Rancak

RANCAK

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Entrepreneurial Airdreamers

ENTREPRENEURIAL AIRDREAMERS

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Cakra Ananta

CAKRA ANANTA

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

SIYOUTH

SIYOUTH

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Maja Force

MAJA FORCE

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Penilaian Juri

Juri

----------------------------------------

Presentasi

  • Sejauh mana presentasi disajikan dengan baik, mudah dimengerti, dan menarik?
  • Bagaimana kemampuan peserta dalam menjelaskan ide bisnis mereka secara efektif kepada para juri?

----------------------------------------

Market Research

  • Apakah tim telah melakukan analisis pasar yang komprehensif?
  • Sejauh mana tim memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan potensial?

----------------------------------------

Inovasi Produk

  • Apakah presentasi menunjukkan potensi untuk berinovasi dalam bisnisnya?
  • Bagaimana bisnis ini dapat mengikuti tren dan perubahan industri?

----------------------------------------

Strategi Pemasaran

  • Apakah presentasi memiliki strategi pemasaran yang efektif dan terukur?
  • Apakah proposal mencakup target pasar yang jelas?

----------------------------------------

Konsep Bisnis

  • Sejauh mana konsep bisnis terintegrasi dan relevan?
  • Apakah proyek bisnis memiliki elemen unik yang membedakannya dari yang lain?

----------------------------------------

Dampak Lingkungan

  • Apakah proyek bisnis mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan?

----------------------------------------

Dampak Sosial

  • Bagaimana proyek bisnis ini dapat memberikan dampak positif pada masyarakat?

----------------------------------------

Rencana Keuangan

  • Apakah proyeksi keuangan yang disajikan realistis dan terukur? dapat memberikan dampak positif pada masyarakat?

----------------------------------------

Potensi Pertumbuhan dan Skalabilitas

  • Apakah bisnis ini memiliki rencana untuk berkembang dan berkembang lebih besar?
  • Sejauh mana model bisnis dapat diperluas?

----------------------------------------

the-4a

THE-4A

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Klinergy

KLINERGY

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan