Profile MEA

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)  adalah kegiatan yang merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

Program TJSL  bertujuan untuk memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, pembangunan lingkungan serta pembangunan hukum dan tata kelola bagi perusahaan, berkontribusi pada penciptaan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya serta akuntabel, membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri serta masyarakat sekitar perusahaan.

Madani Entrepreneur Academy (MEA) merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diselenggarakan oleh PT Permodalan Nasional Madani. MEA merupakan program yang berupaya untuk memunculkan potensi-potensi entrepreneur dan memunculkan bisnis yang berdampak pada sosial dan lingkungan. Dengan sistem kompetisi antar siswa siswi se-Indonesia, MEA memunculkan ide bisnis yang akan dikompetisikan oleh peserta.

MEA memiliki sasaran peserta berupa siswa siswi SMA/K/sederajat se-Indonesia yang dapat berkompetisi dengan membawa produk berupa barang/jasa yang mereka unggulkan. Selain kompetisi, MEA akan membekali para peserta dengan pengetahuan yang berkaitan dengan entrepreneur seperti strategi marketing, pengelolaan keuangan sederhana, branding dan lainnya.

MEA menjadi salah satu program yang bertujuan untuk memunculkan calon-calon entrepreneur muda yang memikirkan dan memberikan dampak sosial dan lingkungan yang baik. Hal tersebut selaras dengan core bisnis dari PT Permodalan Nasional Madani.

Dampak MEA:

  1. Menumbuhkan kepedulian sosial dan lingkungan kepada siswa-siswi SMA/K/sederajat se-Indonesia.
  2. Menciptakan calon-calon entrepreneur muda, melalui mentoring dan pengetahuan yang diajarkan selama kegiatan berlangsung.
  3. Memberikan pengetahuan dan wawasan bagi siswa siswi SMA/K/sederajat se-Indonesia tentang kewirausahaan.
1 Agustus - 7 September 2024
Pendaftaran MEA 2024
09 - 12 September 2024
Seleksi MEA 2024 Menuju Peserta MEA 2024
13 September 2024
Pengumuman 60 Kelompok Peserta MEA 2024
17 September 2024
Pembukaan MEA 2024
11 Oktober 2024
Pengumuman 10 Kelompok Finalis MEA 2024
20 Oktober 2024
Bootcamp MEA Competition
21 Oktober 2024
Grand Final MEA Competition
22 Oktober 2024
City Trip Jakarta

Tutorial Penjurian

Tutorial Penjurian

Porsa Persada

PORSA PERSADA

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Mabadda

MABADDA

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Terra Rangers

TERRA RANGERS

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Rancak

RANCAK

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Entrepreneurial Airdreamers

ENTREPRENEURIAL AIRDREAMERS

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Cakra Ananta

CAKRA ANANTA

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

SIYOUTH

SIYOUTH

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Maja Force

MAJA FORCE

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Penilaian Juri

Juri

----------------------------------------

Presentasi

  • Sejauh mana presentasi disajikan dengan baik, mudah dimengerti, dan menarik?
  • Bagaimana kemampuan peserta dalam menjelaskan ide bisnis mereka secara efektif kepada para juri?

----------------------------------------

Market Research

  • Apakah tim telah melakukan analisis pasar yang komprehensif?
  • Sejauh mana tim memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan potensial?

----------------------------------------

Inovasi Produk

  • Apakah presentasi menunjukkan potensi untuk berinovasi dalam bisnisnya?
  • Bagaimana bisnis ini dapat mengikuti tren dan perubahan industri?

----------------------------------------

Strategi Pemasaran

  • Apakah presentasi memiliki strategi pemasaran yang efektif dan terukur?
  • Apakah proposal mencakup target pasar yang jelas?

----------------------------------------

Konsep Bisnis

  • Sejauh mana konsep bisnis terintegrasi dan relevan?
  • Apakah proyek bisnis memiliki elemen unik yang membedakannya dari yang lain?

----------------------------------------

Dampak Lingkungan

  • Apakah proyek bisnis mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan?

----------------------------------------

Dampak Sosial

  • Bagaimana proyek bisnis ini dapat memberikan dampak positif pada masyarakat?

----------------------------------------

Rencana Keuangan

  • Apakah proyeksi keuangan yang disajikan realistis dan terukur? dapat memberikan dampak positif pada masyarakat?

----------------------------------------

Potensi Pertumbuhan dan Skalabilitas

  • Apakah bisnis ini memiliki rencana untuk berkembang dan berkembang lebih besar?
  • Sejauh mana model bisnis dapat diperluas?

----------------------------------------

the-4a

THE-4A

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan

Klinergy

KLINERGY

Dampak Sosial

Dampak Lingkungan

Nilai Keseleruhan